Thursday, November 25, 2010

VARIABEL& KARAKTER ESCAPE

1. Bagaimana mengubah semua file terakhir .html menjadi.php? (coba gunakan berbagai bentuk perintah mv)!
Jawab :

mv file_atau_direktori_sumber file_atau_direktori_tujuan

2. Jelaskan dengan singkat shell lain yang tersedia di Linux selain Bash!
a) Korn Shell (ksh)
Korn shell merupakan pengembangan dari bourne shell yang ditulis oleh David Korn dari AT&T pada pertengahan 1980an. Feature Korn shell antara lain editable history, aliases, functions, regular expression wildcards, built-in arithmetic, job control, coprocessing, dan special debugging. Default prompt shell ksh adalah $ (dolar).
b) Shell programming
Shell programming merupakan penyusunan atau pengelompokkan beberapa perintah shell (internal atupun eksternal command) menjadi beberapa kumpulan perintah yang melakukan dapat tugas-tugas tertentu sesuai dengan tujuan dari user. Dengan kata lain kita dapat menggunakan shell untuk membuat suatu program layaknya sebuah bahasa pemrograman (kita dapat melakukan proses perulangan/looping, memasukkan input dan output ataupun membuat suatu fungsi bersyarat).
c) Bourne Shell (sh)
sh adalah shell standar Unix yang dibuat tahun 1979 oleh Stephen Bourne dari AT&T dengan memakai bahasa pemrograman Algol. sh terkenal karena sederhana, compact, and cepat. Kelemahannya adalah kurang interkatif seperti tidak ada history, aliasing, dan job control. Default prompt shell sh adalah $ (dolar).

d) C Shell (csh)
csh memiliki feature yang lebih lengkap dibandingkan sh. Shel ini dibuat tahun 1970an oleh Bill Joy dari University of California at Berkeley dengan menggunakan bahasa C.
Fitur yang terdapat dalam csh antara lain command-line history, aliasing, built-in arithmetic, filename completion, dan job control. Kelemahnnya adalah karena didesain untuk mesin skala besar dan memiliki banyak fitur maka shel ini cenderung lambat bila digunakan pada mesin kecil. Default prompt shell csh adalah % (persen).

No comments: